RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(oleh : Lesman Giawa S.Pd)
SATUAN PENDIDIKAN : SD (SEKOLAH DASAR)
KELAS : V (LIMA)
SMESTER : I (SATU)
MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN
ALOKASI WAKTU : 2 X 35 MENIT (1 KALI PERTEMUAN)
A. STANDAR KOMPETENSI
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiPxWCcxgp9JDQnaCmDvD7LEjLiQ5nHapPvMy8zwwJMRJhtRSiOfMJf0xKataz0yuXkbFAMEivCI5xhETS9DHUJoPtPaz9SXO1J9JhmkPVO4ZMgm6-Yail5tDGwnIQ-nZ9OUnY8Ga4mLVNA/s320/snapshot-3.jpg)
1. Memahami dan mengakui kemahakuasaaan
Allah dalam wujud tindakan manusia yang
tergantung sepenuhnya pada Allah.
B. KOMPETENSI DASAR
1. Memahami kemahakuasaan Allah
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik dapat :
1. Memahami bahwa Allah adalah Pencipta
2. Menjelaskan bahwa Allah Melakukan
PENCIPTAAN melalui FirmanNya.
3. Menerangkan urutan penciptaan dari hari
pertama sampai hari ke enam
4. Memahami bahwa kekuasaan Allah Terbukti Melalui Penciptaan
D. MATERI AJAR
KUASA ALLAH DALAM PENCIPTAAN
Kejadian 1 : 1-27
1. Menjelaskan tentang kuasa Allah yang sangat luar biasa dalam menciptakan Alam Semesta dan seluruh
isinya
2. Menguraikan Ciptaan Allah dari hari pertama sampai hari ke-enam
E. METODE PEMBELAJARAN
1. Metode Pembelajaran : 1. CERAMAH
: 2. TANYA JAWAB
F. KEGIATAN PEMBELAJARAN
1. PENDAHULUAN (10 MENIT)
a. Bernyanyi dan Berdoa bersama yang dipimpin oleh salah seorang peserta didik
b. Mempersiapkan peserta didik secara fisik dan psikis agar peserta didik siap menerima pelajaran
c. Menyampaikan tujuan pembelajaran
d. Mengajukan pertanyaan untuk mengetahui pengetahuan awal peserta didik tentang materi yang
diajarkan.
e. Siap Memasuki Pengajaran
2. INTI (50 MENIT):
EKSPLORASI
Dalam kegiatan Eksplorasi :
1. Siswa membaca ayat alkitab secara bergiliran
Kejadian 1 : 1 – 27
2. Siswa membaca satu ayat secara bersamaan yang merupakan Ayat mas.
ELABORASI
Dalam kegiatan Elaborasi :
1. Siswa menceritakan kembali inti bahan ajar yang sudah disampaikan Guru
2. Siswa menulis kata dan kalimat penting dari Alkitab yang telah dipelajari dan diberi penjelasan oleh Guru
3. Siswa menghafalkan isi pokok pelajaran yang diberikan oleh guru
KONFIRMASI
Dalam kegiatan konfirmasi :
1. Guru bertanya jawab dengan siswa tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
2. Guru bersama siswa betanya jawab membetulkan kesalahan pemahaman, meberikan penguatan dan penyimpulan
3. PENUTUP(10 MENIT)
Dalam kegiatan penutup :
1. Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa tentang isi pembelajaran yang telah diterima,
2. Guru membacakan kesimpulan dari materi yang sudah diajarkan
3. Siswa dihimbau untuk belajar lebih tekun tentang Firman Allah
4. Guru dan siswa menutup pertemuan dengan doa bersama salah satu siswa memimpin dalam Doa.
G. SUMBER BELAJAR
1. Guru Pengajar
2. Gambar pemandangan yang didalamnya ada benda penerang, samudra luas, burung diudara, laut,
tumbuh-tumbuhan, binatang, dan ada juga manusia.
3. Alkitab
4. Buku yang disediakan sekolah Yang merupakan bagian dari Pelajaran yang menjelaskan tentang
PENCIPTAAN.
5. Keluarga
6. Sekolah Minggu (Gereja)
H. PENILAIAN HASIL BELAJAR
AFEKTIF, PSIKOMOTORIK, KOGNITIF.
PEMBELAJARAN
(oleh : Lesman Giawa S.Pd)
SATUAN PENDIDIKAN : SD (SEKOLAH DASAR)
KELAS : V (LIMA)
SMESTER : I (SATU)
MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN
ALOKASI WAKTU : 2 X 35 MENIT (1 KALI PERTEMUAN)
A. STANDAR KOMPETENSI
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiPxWCcxgp9JDQnaCmDvD7LEjLiQ5nHapPvMy8zwwJMRJhtRSiOfMJf0xKataz0yuXkbFAMEivCI5xhETS9DHUJoPtPaz9SXO1J9JhmkPVO4ZMgm6-Yail5tDGwnIQ-nZ9OUnY8Ga4mLVNA/s320/snapshot-3.jpg)
1. Memahami dan mengakui kemahakuasaaan
Allah dalam wujud tindakan manusia yang
tergantung sepenuhnya pada Allah.
B. KOMPETENSI DASAR
1. Memahami kemahakuasaan Allah
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik dapat :
1. Memahami bahwa Allah adalah Pencipta
2. Menjelaskan bahwa Allah Melakukan
PENCIPTAAN melalui FirmanNya.
3. Menerangkan urutan penciptaan dari hari
pertama sampai hari ke enam
4. Memahami bahwa kekuasaan Allah Terbukti Melalui Penciptaan
D. MATERI AJAR
KUASA ALLAH DALAM PENCIPTAAN
Kejadian 1 : 1-27
1. Menjelaskan tentang kuasa Allah yang sangat luar biasa dalam menciptakan Alam Semesta dan seluruh
isinya
2. Menguraikan Ciptaan Allah dari hari pertama sampai hari ke-enam
E. METODE PEMBELAJARAN
1. Metode Pembelajaran : 1. CERAMAH
: 2. TANYA JAWAB
F. KEGIATAN PEMBELAJARAN
1. PENDAHULUAN (10 MENIT)
a. Bernyanyi dan Berdoa bersama yang dipimpin oleh salah seorang peserta didik
b. Mempersiapkan peserta didik secara fisik dan psikis agar peserta didik siap menerima pelajaran
c. Menyampaikan tujuan pembelajaran
d. Mengajukan pertanyaan untuk mengetahui pengetahuan awal peserta didik tentang materi yang
diajarkan.
e. Siap Memasuki Pengajaran
2. INTI (50 MENIT):
EKSPLORASI
Dalam kegiatan Eksplorasi :
1. Siswa membaca ayat alkitab secara bergiliran
Kejadian 1 : 1 – 27
2. Siswa membaca satu ayat secara bersamaan yang merupakan Ayat mas.
ELABORASI
Dalam kegiatan Elaborasi :
1. Siswa menceritakan kembali inti bahan ajar yang sudah disampaikan Guru
2. Siswa menulis kata dan kalimat penting dari Alkitab yang telah dipelajari dan diberi penjelasan oleh Guru
3. Siswa menghafalkan isi pokok pelajaran yang diberikan oleh guru
KONFIRMASI
Dalam kegiatan konfirmasi :
1. Guru bertanya jawab dengan siswa tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
2. Guru bersama siswa betanya jawab membetulkan kesalahan pemahaman, meberikan penguatan dan penyimpulan
3. PENUTUP(10 MENIT)
Dalam kegiatan penutup :
1. Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa tentang isi pembelajaran yang telah diterima,
2. Guru membacakan kesimpulan dari materi yang sudah diajarkan
3. Siswa dihimbau untuk belajar lebih tekun tentang Firman Allah
4. Guru dan siswa menutup pertemuan dengan doa bersama salah satu siswa memimpin dalam Doa.
G. SUMBER BELAJAR
1. Guru Pengajar
2. Gambar pemandangan yang didalamnya ada benda penerang, samudra luas, burung diudara, laut,
tumbuh-tumbuhan, binatang, dan ada juga manusia.
3. Alkitab
4. Buku yang disediakan sekolah Yang merupakan bagian dari Pelajaran yang menjelaskan tentang
PENCIPTAAN.
5. Keluarga
6. Sekolah Minggu (Gereja)
H. PENILAIAN HASIL BELAJAR
AFEKTIF, PSIKOMOTORIK, KOGNITIF.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar