PENGESAHAN
DOSEN PEMBIMBING
Dalam
penulisan sikripsi ini, dosen pembimbing telah memeriksa dan menerima hasil
penelitian ini yang berjudul, “PENGARUH
STATUS SEBAGAI ANAK PENDETA TERHADAP PERKEMBANGAN MENTAL ANAK REMAJA USIA 12-18
TAHUN DI KOTA YOGYAKARTA”. Telah diselesaikan dan diserahkan oleh Superlesman Giawa, sebagai salah satu
syarat untuk menerima gelar Sarjana Pendidikan Agama Kristen (S.Pd. K.) dari Sekolah Tinggi Theologia Nazarene Indonesia
(STTNI) Yogyakarta.
Disetujui pada hari/ tanggal :
..........................April 2012.
Dosen pembimbing.
(Pdt.
Dwi Winarto, M.Th)
PENGESAHAN
LEMBAGA
Setelah
penulisan sikripsi selesai, serta telah diteliti secara seksama, dan mengetahui
seluruh prosesnya dalam penulisan sikripsi ini yang telah dilakukan oleh : Superlesman Giawa, dengan judul “Pengaruh Status Sebagai Anak Pendeta
Terhadap Perkembangan Mental Anak Remaja Usia 12-18 Tahun di Kota Yogyakarta”.
Maka dinyatakan bahwa, sikripsi ini telah diterima dan disahkan sebagai bagian
dari persyaratan, untuk menerima gelar Sarja Pendidikan Agama Kristen (S.Pd. K.)
dari Sekolah Tinggi Theologia Nazarene
Indonesia (STTNI) Yogyakarta.
Telah diterima dan disahkan pada,
Hari/Tanggal : ..............................April
2012.
Sekolah
Tinggi Theologia Nazarene Indonesia (STTNI) Yogyakarta
KETUA,
(Pdt.
Dr. Johannis Siahaya)
PENGUJIAN
DAN NILAI
Pada
Hari.................... Tanggal............Tahun.............., telah diadakan
ujian sikripsi disertai dengan saudara : Superlesman Giawa, Nim : 080010,
dengan judul sikripsi, “Pengaruh Status
Sebagai Anak Pendeta Terhadap Perkembangan Mental Anak Remaja Usia 12-18 Tahun
di Kota Yogyakarta’’.
Maka diputuskan bahwa :
LULUS / TIDAK LULUS
Dengan
nilai :...............
DEWAN
PENGUJI
Nama :
1. .......................................
2. .......................................
3. .......................................
Dipersembahkan
kepada :
Allah
Bapa Anak dan Roh Kudus yang saya sembah
Didalam
Yesus Kristus.
Keluarga
tercinta :
Ayahnda
F. Giawa, ibunda An. Halawa
Adek
linda Giawa, Wira Giawa, Kharis Giawa, Novis Giawa
Dan
Abdiel
exnetto memoriman anugerah Giawa
Motto :
Belajar dari pengalaman seumur
Hidup.....!
“Serahkanlah segala
kekuatiranmu kepada-Nya sebab Ia yang memelihara Kamu”
(1 Petrus 5:7)
KATA
PENGANTAR
Salam
Sejahtera dalam nama Tuhan Yesus Kritus...!
Segala puji sykur atas kasih anugerah dan kesetiaan
Tuhan yang Maha Kuasa, yang tidak pernah terbatas dalam kehidupan saya,
sehingga saya ada sebagaimana adanya dan boleh menikmati nafas kehidupan.
Didalam penyusunan skripsi ini, saya mengahadapi banyak kesulitan, namun oleh karena penyertaan dan turut campur
tangan Tuhan serta hikmat dan berkat oleh-Nya, saya dapat melewati semua dan
menyelesaikannya.
Dalam penyelesaian skripsi ini, saya menemukan
banyak hal-hal yang baru seputar dunia pendidikan agama kristen, berbagai hal
mengenai kehidupan anak-anak remaja dan lingkungannya. Judul dari skripsi ini
tersusun berdasarkan inspirasi dari pengalam pribadi sendiri pada masa usia
remaja, dan melangkah mengamati lingkungan serta berbagai fenomena-fenomena
yang terjadi dalam kehidupan remaja dan lingkungannya. Yang penulis amati dalam
hal ini adalah secara khusus anak-anak Pendeta atau gembala sidang yang adalah
perpanjangan tangan Tuhan untuk menyampaikan firman kepada umat-Nya.
Saya beranggapan bahwa seharusnya anak seorang pendeta
memiliki karakter serta kepribadian yang baik, sebab anak pendeta adalah anak
yang dibesarkan didalam komunitas keluarga hamba Tuhan, dan dibina oleh seorang
hamba Tuhan. Akan tetapi penulis mengamati bahwa ada anak pendeta yang tidak
memiliki karakteristik mental yang baik, sehingga saya rindu untuk melakukan
penelitian dengan tujuan, untuk menemukan hal-hal yang mempengaruhuhi anak
pendeta yang memberi dampak negatif terhadap mentalnya, serta berusaha
menemukan solusi dalam mengatasinya. Oleh sebab itu maka saya rangkai sebuah
judul skripsi ini yaitu “Pengaruh Status Sebagai Anak Pendeta Terhadap
Perkembangan Mental Anak Remaja Usia 12-18 Tahun di Kota Yogyakarta”.
Skripsi ini tersusun dan terselesaikan oleh karena
berkat dan dukungan berbagai pihak yang mendukung penulis, baik melalui doa,
dana, dan motivasi yang diberikan kepada saya, sehingga saya dapat
menyelesaikannya tanpa ada sesuatu masalah apapun dan dalam keadaan sehat
wal’afiat. Untuk itu, saya berterimakasih kepada :
1. Ayahnda dan
ibunda A. Tety Giawa, & I. Tety Halawa, dan sekeluarga, yang sudah berjerih
lelah membesarkan, mendidik, dan memberikan kasih sayang sepenuhnya kepada
saya. Mendukung saya melalui doa dan dana. Dan juga sebagai tempat keluh kesah
disaat saya mengalami kesulitan dan yang selalu setia dalam kehidupan saya.
2. Keluarga Besar
STTNI, seluruh Dosen dan Staff yang ada didalamnya, yang sudah mendukung
penulis melalui doa dan sarana prasarana yang boleh penulis gunakan dalam
menyelesaikan skripsi ini.
3. Secara khusus
untuk Dosen Pembimbing saya Pdt. Dwi Winarto, M.Th, yang sudah senantiasa
mendukung penulis dalam doa, dan berjerih lelah meluangkan waktu, untuk
membimbing serta memotivasi saya dalam penyusunan skripsi ini sehingga dapat
selesai.
4. Secara khusus
juga saya berterimakasih kepada Ketua PRODI PAK, Pdt. Alexander Suranto, M.Th,
yang juga mendukung penulis dalam doa, serta nasehat dan berbagai
motivasi-motivasi, sehingga skripsi ini dapat selesai.
5. Kepada seluruh
teman-teman saya, Mahasiswa dan Mahasiswi STTNI, yang sudah mendukung penulis
dalam doa, dan yang telah bersedia saling bertukar pikiran kepada penulis
sehingga skripsi ini dapat selesai.
6. Penulis juga
berterimakasih kepada bapak/I. Pendeta, secara khusus yang ada di Kota
Yogyakarta, yang sudah senantiasa menginjinkan penulis untuk mengadakan
penelitian seputar kehidupan anak dalam keluarga usia remaja, dan semoga
penelitian ini memberi kontribusi yang baik bagi perkembangan anak untuk masa
depan.
Inilah yang dapat saya sampaikan, kiranya Tuhan
senantiasa selalu memberkati kehidupan kita satu sama lain.
Yogyakarta, 17 April 2012
Penulis
Superlesman Giawa
DAFTAR ISI
PENGESAHAN
PEMBIMBING................................................................... I
PENGESAHAN
LEMBAGA........................................................................ II
PENGUJIAN
DAN
NILAI............................................................................ III
MOTTO...................................................................................................... IV
KATA
PENGANTAR.................................................................................... V
DAFTAR
ISI................................................................................................VIII
DAFTAR
TABEL......................................................................................... X
DAFTAR
GRAFIK.........................................................................................XI
DAFTAR
LAMPIRAN.................................................................................. XIV
BAB
I
A. Latar
Belakang
Masalah.....................................................................1
B.
Identifikasi
Masalah.............................................................................5
C.
Batasan
Masalah................................................................................ 6
D.
Rumusan
Masalah.............................................................................. 7
E.
Tujuan Dan Kegunaan
Penelitian...................................................... 7
BAB
II
KERANGKA
TEORI................................................................................... 8
A. DEVNISI
ISTILAH...............................................................................8
B.
KELUARGA
KRISTEN.......................................................................11
C.
SITUASI DAN KEADAAN KELUARGA PENDETA..........................15
1.
Perioritas
Pendeta..................................................................... 15
2.
Tanggungjawab Orang Tua Terhadap Anak ........................... 17
D.
BERBAGAI PANDANGAN TERHADAP STATUS
ANAK................21
E.
PERKEMBANGAN MENTAL REMAJA USIA 12 – 18
TAHUN........26
1.
Perkembangan Remaja Usia 12-18
Tahun............................... 26
2.
Perkembangan Mental
Remaja................................................. 30
2.1.
Karakteristik Mental Secara .......................... ........... 33
2.2.
Karakteristik Mental Secara Kritis.............................. 36
2.3.
Mencari IdentitaDiri.................................................... 37
3.
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi
Perkembangan................ 41
4. Wilayah
Kota Yogyakarta........................................................ 44
Kerangka
Berpikir................................................................................... 46
Hipotesa.................................................................................................. 47
BAB III
METODOLOGI
PENELITIAN..................................................................48
A. Judul
Penelitian....................................................................................... 50
B.
Tujuan
Penelitian.................................................................................... 50
C.
Tempat da Waktu
Penelitian................................................................... 51
D.
Metode
Penelitian.................................................................................. 52
E.
Populasi Dan Teknik Pengambilan
Sampel............................................ 55
F.
Teknik Pengumpulan
Data...................................................................... 56
G.
Instrumen Penelitian............................................................................... 57
a.
Devenisi
Konseptual................................................................... 58
b.
Devenisi
Operasional.................................................................. 58
c.
Kisi-Kisi
Instrumen..................................................................... 58
d.
Kalibrasi
Instrumen..................................................................... 59
H. Analisa
Data...........................................................................................61
BAB IV
PENGOLAHAN DAN PEMBAHASAN..................................................61
A. Analisa
Data Indentitas Responden..................................................63
B.
Analisa Variabel Pengaruh Status Sebagai
Anak Pendeta................ 67
a.
Pembahasa Indikator Perlakuan Orang Tua
Terhadap Anak....... 72
b.
Pembahasan Indikator Pandangan Jemaat
Terhadap Anak......... 76
c.
Pembahasan indikator keadaan anak
pendeta di lingkungan....... 79
C.
Analisa Variabel Perkembangan Mental
Remaja.............................. 80
a.
Pembahasan indikator karakteristik
mental remaja..................... 88
D.
Analisis detail Karakteristik responden
dengan Crosstab.................. 89
E. Pembuktian
Validitas data Variabel................................................... 92
BAB
V
KESIMPULAN
DAN SARAN.................................................................... 96
BIBLIOGRAFI................................................................................ ..........112
DAFTAR
TABEL
Tabel
2.1 Gambaran Karakteristik Fisik Remaja.......................................... 31
Tabel
2.2 Gambaran Karakteristik Mental Remaja....................................... 31
Tabel
2.3 Gambaran Karakteristik Emosional Remaja...................... ........... 32
Tabel
2.4 Gambaran Karakter Spiritualitas Remaja...................................... 32
Tabel
3.1 Petunjuk pengukuran
skor............................................................. 57
Tabel
3.2 Kisi-Kisi Instrumen........................................................................ 59
Tabel
4.1 Frequency usia responden.............................................................. 64
Tabel
4.2 Frequency jenis kelamin responden............................................... 65
Tabel
4.3 Frequency pendidikan Responden................................................. 66
Tabel
4.4 Frequency orang tua menerapkan disiplin..................................... 68
Tabel
4.5 Frequency setiap
pelanggaran selalu ada konsekuensi.................. 69
Tabel
4.6 Frequency tidak semua
keinginan selalu dipenuhi........................ 70
Tabel
4.7 Frequency ada
pembatasan dalam pergaulan................................ 71
Tabel
4.8 frequency dituntut
untuk selalu menjadi teladan............... ........... 73
Tabel
4.9 Frequency dituntut
untuk memiliki kesamaan............................... 74
Tabel
4.10 Frequency dianggap
sudah sempurna.......................................... 77
Tabel
4.11 Frequency selalu diperhatikan..................................................... 78
Tabel
4.12 Frequency sangat takut
kegagalan cita-cita................................. 80
Tabel
4.13 Frequency gelisah
karena tidak dapat......................................... 81
Tabel
4.14 Frequency tertekan
bila keinginan tidak dipenuhi....................... 82
Tabel
4.15 Frequency merasa
kurang bebas.................................................. 83
Tabel 4.16 Frequency tidak bebas
mengekspresikan diri.............................. 85
Tabel
4.17 Frequency kurang mampu
beradaptasi dilingkungan.................. 86
Tabel 4.18 Frequency sangat terbatas
dilingkungan...................................... 87
Tabel 4.19 Case processing summary,data
responden................................... 89
Tabel 4.20 Usia responden, jenis kelamin
responden, pendidikan.... ........... 90
Tabel 4.21 Chi-Square Tests, crosstab
orang tua menerapkan...................... 92
Tabel 4.22 Chi-Square Tests, tertekan
bila keinginan tidak dipenuhi........... 93
DAFTAR GAMBAR
Gambar
3.1 Gambaran Construct Teoritical Variabel............................... 53
DAFTAR
GRAFIK
Grafik
2.1 Frequency usia responden........................................................... 64
Grafik 4.2 Frequency jenis kelamin
responden........................................... 65
Grafik 4.3 Frequency pendidikan
Responden.............................................. 66
Grafik
4.4 Frequency orang tua menerapkan disiplin........................ ........... 68
Grafik
4.5 Frequency setiap
pelanggaran selalu ada konsekuensi................. 69
Grafik
4.6 Frequency tidak semua
keinginan selalu dipenuhi........... ........... 70
Grafik
4.7 Frequency ada
pembatasan dalam pergaulan............................... 71
Grafik
4.8 frequency dituntut
untuk selalu menjadi teladan......................... 74
Grafik
4.9 Frequency dituntut
untuk memiliki kesamaan............................. 75
Grafik
4.10 Frequency dianggap
sudah sempurna....................................... 77
Grafik
4.11 Frequency selalu
diperhatikan.................................................... 78
Grafik
4.12 Frequency sangat takut
kegagalan cita-cita................................ 80
Grafik 4.13 Frequency gelisah karena tidak dapat..................................82
Grafik
4.14 FrequencyTertekan bila
keinginan tidak dipenuhi..................... 83
Grafik
4.15 Frequency merasa
kurang bebas................................................. 84
Grafik 4.16 Frequency tidak bebas
mengekspresikan diri............................. 85
Grafik
4.17 Frequency kurang mampu
beradaptasi....................................... 86
Grafik 4.18 Frequency sangat terbatas
dilingkungan.................................... 86
DAFTAR LAMPIRAN
Lampiran
Kuesioner........................................................................................ 101
Lampiran
Frequencyes..................................................................................... 105
Lampiran
Fotocopy Surat Rekomendasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar