KURIKULUM
PAK ANAK
Pengertian kata
“kurikulum”
Istilah kurikulum
berasal dari bahasa latin, yakni; CURRICULAE artinya jarak yang harus ditempuh
oleh seorang pelari.
Beberapa tafsiran
pengertian kurikulum, sbb;
1. Kurikulum
adalah sejumlah matra ajaran yang harus ditempuh dan dipelajari oleh siswa
untuk memperoleh sejumlah pengetahuan.
2. Kurikulum adalah suatu rencana untuk belajar.
3. Kurikulum
adalah suatu program pendidikan yang disediakan untuk membelajarkan siswa.
4. Kurikulum
adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi dan bahan pelajaran
serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelengggaraan kegiatan belajar
mengajar.
5. Kurikulum
adalah semua kegiatan dan pengalaman siswa disekolah dibawah bimbingan seklah.
Menurut Ruth Laufer dan Anni dyck, kurikulum yang
dibutuhkan oleh guru disekolah minggu adalah suatu susunan bahan Alkitab untuk
kegiatan belajar mengajar disekolah minggu yang mencakup cerita Alkitab, media
mengajar dan aktivitas belajar sertta tujuan kurikuler dan tujuan belajar.
Pada tahun 1914, ditemukan sistem
mengajar secara berkelompok, dimana kelompok umur tertentu mendapat bahan yang
sama. Biasanya disekolah minggu dibagi menjadi tiga kelompok yaitu; kelasa
kecil, kelas tengah, kelas besar. Merencana satu kurikulum yang baik adalah
pekerjaan yang tidak mudah, sehingga kita memerlukan satu tim ahli pendidikan
yang cukup berpengalaman. Satu orang guru tidak sanggup mengerjakan satu
rencana pelajaran yang cukup luas.
Prinsip
dasar kurikulum PAK anak.
1. Kurikulum
yang mengakui otoritas Alkitab sebagai sabda Allah. Seluruh isi Alkitab adalah
Firman Allah yang dinspirasikan oleh Roh Kudus. Firman Allah tidak boleh
kehendak sendiri (2 Timotius 2:15-16)
2. Kurikulum
yang berpusat pada Kristus. firman Allah diajarkan kepada Anak. Firman Tuhan
diajarkan untuk membawa anak kepada siswa kepada keselamatan dalam Tuhan Yesus.
3. Kurikulum
yang meliputi sebanyak mungkin isi Alktab
4. Kurikulim
yang sedekat mungkin dengan tingkat pengertian anak.
5. Kurikulum
yang member kesukaan belajar pada anak.
Kurikulum
dan pengertian anak
Anak usia 4-6thn
|
Anak usia ini belum mengerti tentang
perkembangan sejarah/kronologis/waktu. Bahan pelajaran yang diberikan
berpusat pada pengalaman mereka. Misalnya; hidup dalam keluarga, penciptaan
Allah, Allah pemeliharaan Allah. Tema-tema tersebut dapat dari perjanjian
baru dan setiap tema disajikan dalam sebulan.
|
Anak usia 7-9thn
|
Pengertian anak usia ini sudah lebih
maju, mereka megerti hubungan satu peristiwa keperistiwa lainnya. Oleh sebab
itu, cerita dapat disusun dengan tema bulanan serta kronologis atau cerita
berseri. Misalnya, enam cerita tentang Daniel, emapat cerita tentang Filipus.
|
Anak usia 10-12thn
|
Mereka mampu diajak untuk menyelediki
secara kronologis mengenai peristiwa Alkitab secara keseluruhan dari segi
sejarah, baik PL maupun PB. Misalnya, peristiwa pembebasan bangsa Israel,
perjalanan dipadang belantar, kronologis zaman hakim-hakim, raja-raja, dsb.
Mereka sangat gemar mempelajari, mengagumi, meneladani tokoh-tokoh atau
pahlawan-pahlawan imam.
|
Metode
PAK harus disesuaikan dengan;
1. Tujuan
yang hendak dicapai.
2. Materi
pelajaran
3. Tingkat
kemampuan anak
4. Kebutuhan
anak
5. Jumlah
anak
6. Fasilitas
dan perlengkapan yang tersedia.
7. Waktu
yang disediakan.
8. Metode
yang menekanka keaktifan anak.
9. Metode
divariasi
10. Kemampuan
dan ketrampilan guru.
Beberapa
metode khusus anak-anak; (EDDY dan SUSAN WIRADINATA)
1. Dengan
menggunakan indra.
·
Penggunaan Visual aids
·
Penggunaan Video, film,
slides, OHP
·
Membaca tulisan,
melihat peta.
·
Mencium
·
Meraba
·
Rekreasi
·
Meniru; bunyi, tulisan,
gambar.
·
membangun
2. Metode
yang menggunakan persaan atau emosi.
·
Berdoa
·
Bercerita
·
Main drama
·
Tulis menulis
·
Menggambar
·
Menyanyi
·
Memainkan alat musik
3. Metode
yang menggunakan metode pikiran/intlek/nalar
·
Tulis menulis
·
Main drama
·
Tanya jawab
·
Teka-teki
Kamar ASPA di Nazarene Yogya (Kamar perjuangan mencapai Stratu I) |
·
Perlombaan
·
Menghafal
·
wawancara
Tidak ada komentar:
Posting Komentar