MURID
YANG SUKA BERTERIAK DALAM KELAS
1.
ROLE
PLAY
Pemeran drama singkat yaitu :
Pak Sumarto : Lesman Giawa
Murid-murid : Ani, Dewi, sem, dan Fikar
2.
RINGKASAN
MASALAH
Pada sebuah sekolah ada seorang
guru SD kelas 1 untuk mata pelajaran IPA, yang bernama Pak Sumanto. Pada saat
ia mulai mengajar dan berbicara dalam kelas, murid-muridnya juga ikut berbica,
lalu ia mengingatkan mereka untuk tenang dan mereka pun tenang pada saat itu.
Metode
yang dilakukan guru dalam kegiatan anak setelah menjelaskan mata pelajaran
yakni membentuk kelompok kecil. Kelompok kecil tersebut untuk melakukan percobaan
yang baru saja ditunjukkan, beberapa menit kemudian dalam kelompok terjadi keributan-keributan
yang sangat mengganggu kerja kelompok. Oleh sebab itu Pak Sumarto menegur
dengan cara berteriak, lalu sejenak mereka hening tetapi beberapa menit
kemudian mereka kembali melakukan hal keributan lagi. Pola ini dilakukan oleh
guru tersebut setiap hari.
3.
SOLUSI
TERHADAP MASALAH
Langkah
1
Sebelum membagi kelompok kecil
untuk murid-murid, seharusnya seorang guru harus menjelaskan tugas kelompok
kecil menjelaskan aturan dan prosedur dalam kerja kelompok kecil dan
menjelaskan tugas, yaitu dengan memilih ketua kelompok dalam masing-masing kelompok
kecil. Dan berusaha menata tempat kerja kelompokkecil yang tepat. Lalu setelah
itu membagi peran terhadap masing-masing kelompok. Sehingga hal ini bisa
membuat anak konsentrasi dalam melakukan aktifitasnya. Dan meminimalisir
keributan dalam kelompok kecil.
Langkah
2
Seorang guru yang efektif harus
mampu mengatasi keributan murid dalam kelas, dengan cara yang mudah dilakukan
dan diteriam oleh anak. Misalnya dengan memakai kata kunci “tepuk diam”. Hal
ini dilakukan oleh menghentikan keributan dan agar guru mendapat kesempatan
dalam berbicara. Dan memberi motivasi kepada murid untuk bekerja dengan baik.
Langkah
3
Disaat mereka tenang, kesempatan
ini digunakan oleh guru untuk menjelaskan kepada murid-murid bahwa mereka mampu
menyelesaikan tugas dan kemampuan tersebut harus dikomunikasikan oleh guru-guru
kepada murid-murid. Dan membangkitkan motivasi murid untuk bekerja dalam
kelompok dan menyukai kegiatan tersebut. seorang harus memberi pujian bagi
murid-murid yang mulai bekerja dalam kelompok.
Dan guru harus mengontrol kerja kelompok dengan
memperhatikam setiap kelompok.
Langkah
4
Apabila langkah satu sampai langkah
ketiga tidak berhasil, maka tindakan selanjutkan memberi informasi tentang
konsekuensi apabila kelompok tidak dapat menyelesaikan kerja dalam kelompok.
4. PENUTUP
A. Kesimpulan
Mengatasi
masalah keributan anak dalam kelas sangat dibutuhkan kesabaran yang tinggi dari
seorang guru. Dan dengan efektif seorang guru menemukan berbagai cara yang
cocok untuk mengatasi masalah tersebut. Dan cara berteriak bukanlah cara yang
bagus untuk menenangkan murid dalam kelas.
B. Saran
Menangani
keributan siswa dalam kelompok seorang guru harus memilih satu model untuk
mendisplin murid dalam kelas, yakni model canter.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar