Dibawah ini adalah tugas akademik penulis di NAZARENE Yogyakarta, penulis lampirkan sebagai dokumentasi pribadi, dan bila ada rekan-rekan yang memiliki kesamaan dalam perosedur penjabaran materi (kurikulum) boleh dipedomani ataupun dikoreksi untuk memperbaiki setiap kesalahan dalam penyususunannya.
PENJABARAN MATERI (KURIKULUM)
SEMINAR ANAK REMAJA
SMP NEGERI 1 GUNUNGSITOLI NIAS, 5 DESEMBER 2011
TUGAS PRIBBADI
Dibuat sebagai salah satu syarat perolehan nilai mata kuliah “Pengembangan Kurikulum Pak”
![](file:///C:/Users/USER/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image002.jpg)
Disusun Oleh :
Superlesman Giawa
Dosen Pengampuh : P.dt. Alexander Suranto, M.Th
Program Study Pendidikan Agama Kristen
SEKOLAH TINGGI TEOLOGI NAZARENE INDONESIA
JOGJAKARTA, 20011/2011
PENJABARAN MATERI (KURIKULUM)
SEMINAR ANAK REMAJA
SMP NEGERI 1 NIAS, 5 DESEMBER 2011
Thema Pokok : “Prospek Kaum Remaja sebagai Generasi Bangsa”
Standar Kompetensi : Hadirin seminar yang adalah para remaja generasi bangsa memahami bahwa Tuhan adalah sumber pengetahuan dan menyadari pentingnya rasa takut akan Tuhan dengan menjauhi larangan-Nya dan mengimplementasikan rasa takut akan Tuhan dalam kehidupan sehari-hari untuk meraih prestasi dan membanggakan bangsa.
No.
|
KOMPETENSI DASAR
|
ACARA
|
SUB THEMA
|
INDIKATOR
|
NARASUMBER
|
1.
|
Mampu menjelaskan hakekat remaja
|
Ceramah/
Saat teduh bersama
|
“Siswa adalah generasi bangsa”
|
1. Supaya peserta memiliki kesadaran akan identitas diri sendiri.
2. Supaya remaja intropeksi diri dan dapat memposisikan diri sebagai remaja selama seminar berlangsung
|
Pdm. Lesman Giawa, S.Pd.K
|
2.
|
Mampu menjelaskan remaja sebagai generasi nusa dan bangsa
|
Ibadah pembukaan
|
Berakar kebawah & bertumbuh keatas
|
1. Remaja memiliki kesadaran semangat juang untuk terus belajar sebagai generasi.
2. Supaya remaja memiliki komitmen dalam mencapai cita-cita didasari takut akan Tuhan
| |
3.
|
Mampu menjelaskan Tuhan yang adalah sumber pengetahuan
|
Kelompok sharing dan doa
|
“Tuhan adalah Pencipta”
|
1. Siswa memiliki kesadaran bahwa Tuhan yang menciptakan dunia dan dirinya.
2. Siswa dapat memahami bahwa pikiran manusia tidak dapat memahami pribadi Allah seutuhnya sehingga siswa sadar bahwa pengetahuannya diciptakan oleh Tuhan
|
Pdm. Fadly, M.A
|
4.
|
Mampu menjelaskan larangan Tuhan
|
Ibadah pagi
|
“Sepuluh Hukum Tuhan”
(Kel. 20:1-17)
|
1. Supaya siswa mengetahui apa saja larangan Tuhan sesuai alkitab.
2. Supaya siswa berusaha untuk tidak melanggar perintah Tuhan.
|
Pdt. Stanley, M.A
|
5.
|
Mampu mengidentifikasikan
takut akan Tuhan
|
Sesion 1
Sesion 2
Sesion 3
&
Sesion 4
|
Mengasihi Tuhan dan sesama
|
1. Siswa mengerti bahwa mengasihi Tuhan dan sesama adalah sesuatu karakter atau wujud takut akan Tuhan.
2. Siswa mengasihi Tuhan dengan memuji tuhan melalui persekutuan ibadah, berdoa, dan memngerti bahwa menghadap Tuhan bisa dilakukan dimana saja.
3. siswa mengasihi sesama dengan memberi pertolongan, taat terhadap orang tua, menghargai sesama, dan bijaksana dalam segala hal.
4. Siswa memiliki buah-buah Roh (Galatia 5 : 22 -23) dan wujud takut akan Tuhan.
|
Pdt. Gilbert, M.A
|
6.
|
Mampu menjelaskan arti takut akan Tuhan
|
Diskusi kelompok
|
“Takut akan Tuhan adalah permulaan pengetahuan”
(Amsal 1:7a)
|
1. Supaya siswa memahami arti takut akan Tuhan sesuai dengan Alkitab.
2. Remaja selalu berhati-hati dalam bertindak, beraktivitas, sebagai realitas takut akan tuhan.
|
Pdt. John, M.A
|
7.
|
Mampu menjelaskan Remaja yang takut akan Tuhan
|
KKR
|
Prestasi Yes! Narkoba No!!!
|
1. Siswa memahami bahwa takut akan Tuhan juga menjauhkan pergaulan bebas, seks, dan NARKOBA.
2. Remaja yang telah terjerumus Narkoba, pergaulan bebas/seks, memiliki kesadaran dan perenungan.
|
Pdm. Kristofel, M.A.
|
8.
|
Mampu menjelaskan manfaat serta dampak takut akan Tuhan
|
Ibadah Pagi
|
Jauhi yang jahat
(Amsal 8 : 13)
|
1. Siswa menjadi tidak sombong terhadap sesama.
2. Siswa tidak terjerumus dalam pergaulan bebas yang tidak diinginkan oleh Tuhan.
3. Tidak berkata jorok terhadap sesama dan berhikmat.
|
Pdm. Frengky, M.A.
|
9.
|
Mampu memberikan teladan terhadap rekan remaja, keluarga sekolah dan lingkungan siswa
|
Sesion 4
|
“Jadilah Terang”
|
1. Remaja bersahabat dengan teman sebaya penuh kasih, dan tulus.
2. Remaja menjadi bagian keluarga yang bermanfaat dan keluarga yang takut akan Tuhan.
3. Remaja menjadi berkat dikomunitas sekolahnya dan digereja.
|
Dr. James, M.Th
|
10.
|
Mampu menjelaskan kedamaian, dan kerukunan, kerja bersama sebagai wujud takut akan Tuhan
|
G A M E S !
|
Remaja bersahabat dan kerjasama
|
1. Supaya remaja membina tali persaudaraan, dan persahabatan.
2. Menyadari betapa pentingnya kerja sama yang baik untuk mewujudkan cita-cita bangsa.
|
Pdt. Riska, M.A
|
11.
|
Mampu mengimplementasikan takut akan Tuhan dalam meraih cita-cita
|
Ibadah Penutup
|
“Remaja yang baik dan berkualitas”
|
1. Remaja Peserta seminar memiliki komitmen untuk melakukan kehendak Tuhan dalam segala perencanaannya, terutama dalam meraih cita-cita.
2. Remaja menjadi lebih baik.
|
Pdt. Fiktor, M.Th
|
Keterangan : Narasumber bebas memilih bahan Ajaran yang akan disampaikan sesuai sub thema yang telah ditentukan.
Nias, 29 November 2011
Panitia Pelaksana,
KETUA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar